Ide Konyol di Malem Tahun Baru


Tahun baru selalu identik dengan perayaan. Perayaan tahun baru biasanya diisi bersama orang-orang tersayang, baik keluarga, sahabat, maupun pacar. Biasanya acara tahun baru dihabiskan dengan berlibur atau berkumpul sambil BBQ-an. Begitu halnya dengan gue, gue pun menghabiskan malam tahun baru gue bersama temen-temen gue. Jauh-jauh hari, gue sama temen-temen persiapin semuanya.

Tibalah hari yang ditunggu. Sabtu, 31 Desember 2011. Waktu itu, sekolah gue udah libur. Kerennya, malam tahun baru ini bertepatan dengan malem minggu. Waktu itu, gue bersama 6 temen lainnya (Novie, Redho, Yaser, Edo, Ejak Saputra, dan Ejak Humaidi) nyamperin rumah Novie buat BBQ-an. Kami udah nyiapin jagung dan sate bakar buat dimakan di malam tahun baru.

Sekitar jam delapan, gue dan temen-temen (tanpa Redho dan Yaser) main kartu remi buat ngabisin waktu yang terasa lama. Hukuman buat yang kalah adalah dijepit sama jepitan baju.  Di awal permainan, gue sering kalah. Well, gue terima. Saat itu, kita masih nungguin Redho dan Yaser yang belum juga dateng. Mereka bilangnya sih mau sepedaan dulu. Tapi mereka baru nyampe setelah jam sebelas. Sementara, sate yang dibakar udah habis setengahnya.

Karena pergantian tahun udah deket, kami berniat untuk berhenti main remi untuk sementara waktu. Rame-rame kami bakar sate dan bakar jagung. Makan-makan. Seru-seruan. Foto-foto. FYI, kita BBQ-an di lantai tiga rumah Novie. Yang itu artinya, kami bisa ngeliat kota Palembang dari atas. Keren banget. Banyak kembang api dinyalain dan bertebaran dimana-mana. Tanpa perlu beli kembang api, kami udah bisa nikmatin kembang api. Beberapa menit sebelum pergantian tahun, kami neriakin #2012wish kami masing-masing sambil sesekali niup terompet. Bener-bener seru. Gue pribadi, baru pertama kali ini ngerayain tahun baru sama temen. Dan seseru ini.

Tibalah pukul 00:00. Kembang api nyala dimana-mana. Suara petasan meledak berbarengan. Bersama sahabat-sahabat gue, malem itu gue ngerasa bahagia udah ngejalanin satu tahun ke belakang bersama mereka. Gue bahagia karena masih dikasih umur sama Tuhan. Gue bahagia karena banyak orang yang sayang sama gue. Gue bener-bener ngerasa sempurna.
Sekitar satu jam, bunyi kembang api mengiringi tawa canda kami. Masih dengan resolusi masing-masing, kami nyebutin harapan-harapan kami di tahun yang baru. Kehangatan sebuah persahabatan begitu kentara. Kebersamaan di antara kami begitu gue nikmati setiap detiknya. Sampailah, salah satu temen gue (gue lupa siapa) nyetusin ide konyol yang sampe sekarang nggak bisa gue terima dengan akal sehat.
“Malem ini nggak ada yang boleh tidur‼!”
Gue melongo. “Seriusan?”
“SIAPA YANG TIDUR, KITA LUDAHIN RAME-RAME‼‼” Temen gue yang lainnya menimpali.
JLEB‼ Gue diem. Mereka semua pada ketawa dengan ide konyol yang mereka sepakatin bersama. Mau nggak mau, gue juga sepakat. Gue ikut ketawa-ketawa bareng mereka. Siapa takut‼
Kembang api udah mulai ilang. Petasan juga udah nggak kedengeran lagi. Karena di luar mulai sepi, kami balik ke acara awal. Main remi. Karena perut kami udah pada kenyang, kami langsung lanjutin main remi tanpa peduliin sate dan jagung yang masih tersisa. Awalnya sih masih seru-seru aja, sampe akhirnya kita udah ngerasa bosen.
“Main apa lagi nih?” tanya gue.
Setelah mikir-mikir cukup lama, gue punya ide buat main jujur-jujuran satu sama lain. Semacam Truth Or Dare gitu. Dengan bermodalkan hape sebagai alat penentu siapa yang giliran ditanyain, kita mulai permainannya. Semuanya antusias, tapi juga deg-degan. Satu per satu kebagian cerita. Edo yang paling sering kena. Kebanyakan sih, nanyain gebetan, pacar, atau juga mantan terindah. Gue juga kebagian ditanyain. Dengan malas, malu, dan ragu-ragu, gue jawab pertanyaan mereka. Kami ketawa-ketiwi denger cerita satu sama lain. Beberapa kali juga gue shock pas tau rahasia yang nggak pernah gue tau sebelumnya. Karena pelan-pelan rahasia mulai kebongkar semuanya, kita mulain bosen.
Jam udah nunjukkin jam setengah empat. Beberapa dari kami kepergok menguap. Yaser terang-terangan mengaku kalo dirinya udah ngantuk. Lagi-lagi, kami rame-rame ngingetin perjanjian yang udah kami buat malem tadi. “Inget loh, yang tidur kita ludahin‼”
Gue bener-bener serem ngebayanginnya. Nggak ada yang lucu ketika lo diludahin temen lo sendiri. Gue yang penasaran langsung ngajuin pertanyaan ke mereka. “Eh, bentar deh. Nggak tidurnya sampe kapan ya?”
“Sampe pagi.”
“Ini kan udah pagi.”
“NGGAK ADA YANG BOLEH TIDUR SAMPE KITA PULANG KE RUMAH MASING-MASING‼‼”
WHAT THE HELL‼!
Baru jam setengah empat aja gue udah ngantuk berat. Gue harus nunggu berapa lama lagi sampe ini semua berakhir? Iya, gue tau kata-katanya emang lebay. Beberapa anak mulai protes. Ide ini bener-bener bukan ide yang keren.
Akhirnya, karena semuanya udah nggak tahan, jam limaan kita sepakat buat tidur sebentar. Sekitar setengah jam, kita tidur. Setelah itu, sekita jam setengah delapan, gue sama temen-temen baru bisa pulang ke rumah dengan mata yang berat nahan kantuk dan kepala yang sempoyongan. Ejak Humaidi, yang katanya nggak tidur sama sekali, sempet nggak seimbang bawa motor waktu bonceng gue.
Sampe di rumah, gue ganti baju dan langsung tidur di kasur gue sampe jam tiga sore. Dua hari kepala gue pusing-pusing. Hingga sekarang, gue masih nggak bisa percaya gimana bisa gue  nyetujuin dan ngikutin permainan konyol dari mereka. Gue sama temen-temen masih sering ketawa sendiri kalo mulai ngebayangin kegilaan yang terjadi malam itu. Bener-bener kocak dan ngangenin.

0 komentar: