Cerita menuju Bandung


Dua bulan sebelum berangkat, Winda dan Ejak sudah berencana untuk liburan di akhir tahun. Aku diem aja karena nggak ada tabungan sama sekali untuk liburan, saat itu lagi seret-seretnya banget. Singkat cerita, sebulan sebelum akhir tahun iseng cerita ke salah satu oom aku dan beliau mau bayarin liburan kita (aku sama Winda aja loh, bukan bertiga) nanti. Oh, thank God!

Setelah tahu aku bisa ikut liburan, aku jadi semangat 45 hahaha! Tanpa diminta aku mengusul untuk cari daftar-daftar tempat yang wajib dikunjungi, gimana akomodasi kesana dan selama disana, sampai tarif ongkos dan masing-masing tempat wisata. Winda dan Ejak mengurus tumpangan selama disana. Ya, untungnya kita punya teman dan kakak kelas yang bersedia kosannya ditumpangi. Winda kontak-kontakan sama Yuk Yustika, Ejak kontak-kontakan dengan Gatot.

Nah, saat itu oom aku minta data pribadi kita bertiga dan bilang akan mengurus akomodasi keberangkatan kita. Kita berkali-kali mesen sama beliau pesenin bus aja, biar murah dan sekalian kita juga pengen ngerasain backpacker-an gitu. Agak curiga sebenarnya, sampai H-2 kita belum tahu kita akan naik apa dan gimana. Setelah dikonfirmasi, ternyata oom aku pesenin tiket pesawat ke Jakarta dan nyiapin supir langganan beliau yang ada di Jakarta untuk nganterin kita ke Bandung. Di satu sisi seneng tapi prihatin juga, kok malah difasilitasin enak banget gini. Uang saku aja dari beliau, akomodasi masih dienakin juga.

Sabtu, 13 Desember 2014
Berikutnya, hari yang ditunggu pun tiba! Sekitar jam sepuluh kita udah siap mau berangkat ke Bandara. Rencananya mau dianter sama Ayah Ejak tapi begitu udah mau berangkat mobilnya mogok dan kita panik mesti minta tolong sama siapa. Untungnya, Dina lagi senggang dan bisa nganter kita ke bandara. Kurang dari satu jam kita ngebut dari Plaju ke Bandara. Mana oleh-oleh belum dibeli, jadi kita sempetin mampir dulu di salah satu toko pempek. Di mobil cemas banget takut nggak keburu dan ketinggalan pesawat, untungnya kita tiba di Bandara tepat waktu dan masih bisa ikut pesawat. Tapi, begonya adalah, aku kelupaan bawa pempek oleh-oleh di boarding pass saking buru-burunya. Kesel minta ampun! Sia-sia aja ngeluarin duit untuk kasih oleh-oleh dengan resiko ketinggalan pesawat, eh tetap nggak bisa ngasih juga ujung-ujungnya.

Sampai di Jakarta kita udah ditungguin sama Mas Ifan, supir oom aku itu loh. Dia tanya kita mau keliling Jakarta dulu apa langsung jalan ke Bandung. Agak canggung juga awalnya. Pertama, kita nggak nyiapin daftar wisata di Jakarta. Kedua, kita belum tahu ini orang udah dibayar apa kita yang bayar apa udah dibayar tapi kalo keliling Jakarta dulu mesti bayar lagi, kita nggak tahu sama sekali. Akhirnya, ya udah, kita putuskan untuk ke Kota Tua dulu.





Setelah dari situ, dia tanya mau kemana lagi. Bingung lagi, dong. Akhirnya kita bilang mau makan es krim di Ragusa. Ngeselinnya, ini orang ternyata di perjalanan menuju Ragusa ngajak satu temannya untuk ikut kita! Kalian tahu, kan, apa yang kita pikirkan saat itu? Ini dua orang siapa yang mau bayarin?!! Mana selama perjalanan Mas Ifan ini selalu mengeluh-eluhkan oom aku, seolah-olah kita pasti sedermawan oom aku. Cuy, kita disini aja dimodalin!

Dengan setengah hati kita jajan es krim ke Ragusa dan traktir mereka berdua juga. Belum lagi semua tol dan bensin kita yang bayar. Hmm, apakah kita bertiga terkesan pelit? Menurutku rasa keberatan kita itu masuk akal banget. Uang kita minim beneran minim, kita mau liburan satu minggu dan belum juga sampai di Bandung uang kita udah terkuras seperempatnya. Kita kaget aja gitu tiba-tiba ‘ditodong’ untuk bayar ini dan itu yang di luar dari anggaran kita bertiga.

Padahal temannya Mas Ifan ini manis, loh, kayak Rio Dewanto. Mana dia lebih kalem pula. Tapi tetap aja kesal juga. Eh pas masuk Bandung, ternyata mereka juga nggak begitu familiar sama jalannya. Jadi beberapa kali salah jalan gitu. Sebelum mengantar aku dan Winda, kita mengantar Ejak dulu ke kosan Gatot di sekitaran ITB, baru selanjutnya mengantar kita ke Dipatiukur. Kita tiba tepat di depan Unpad Bandung sekitar jam sepuluh malam, dan menunggu Yuk Yustika jemput kita disana, karena katanya kosannya masuk lorong kecil dan mobil nggak bisa masuk.

Setelah Yuk Yustika datang dan kita pamit dengan Mas Ifan dan temannya, kita membeli martabak dulu untuk ngisi perut sebelum tidur hari itu. Nggak nyangka, hari pertama perjalanan kita dari Palembang ke Bandung aja ternyata udah punya banyak cerita, belum lagi selama menghabiskan waktu liburan disana. Masih banyak cerita-cerita seru nan absurd lainnya selama kita di Bandung, jadi kita lanjut di postingan selanjutnya aja, ya!

0 komentar: