Jalan Kaki ke TSB demi Duit Delapan Ribu

Senin, 15 Desember 2014
Semalem kita udah sepakat untuk kumpul di gerbang samping Unpad, yang di samping Masjid itu, loh. Aku lupa detilnya, pokoknya hari itu kita ngaret dari waktu yang udah dijanjiin. Mana kita belum ada yang sarapan. Padahal kita hari ini mau ke tempat yang seru banget! Iya, ke Trans Studio Bandung! Kita sangat-sangat antusias banget untuk destinasi yang satu ini. Berhubung laper, jadi kita nyiapin tenaga dulu dan duduk di salah kaki lima yang ada di sekitaran Unpad untuk makan bubur ayam.
Well, sambil sarapan, kita atur strategi gimana untuk pergi ke TSB-nya. Kalau nggak salah, dari website angkot itu kita dapet info kalau kita butuh naik angkot dua-tiga kali untuk sampai ke TSB. Itung sendiri aja berapa ongkos yang mesti dikeluarin. Nah, aku lupa siapa mulai, pokoknya tercetuslah ide untuk, “Ya udah, kita jalan kaki aja ke TSB-nya, biar hemat ongkos!” Selain itu, kita agak ngeri naik angkot karena takut salah rute atau diturunin di tengah jalan lagi. Tapi, yakin, nih, mau jalan kaki? Jarak Dipatiukur ke Trans Studio Bandung kalau dipatok lurus itu sekitar 7 km dan kita terpikir untuk jalan kaki?!
Kita maju-mundur gitu mau jalan kaki. Tapi, mikir lagi, “Ah, kalo dibawa santai juga nggak berasa.”
“Iya, sekalian bisa lebih explore Bandung, lihat-lihat bangunannya dari deket.”
“Lumayan, hemat duit delapan ribuan.”
Dan, kita pun berjalan kaki.
Luar biasa.
Bermodalkan Google Maps, kita menyusuri jalanan Bandung di hari yang saat itu mulai siang. Sempet bingung juga pas kita mentok di Gedung Sate, harus ke kanan apa ke kiri biar ketemu lagi jalan yang bener. Setelah bolak balik dua kali, kita akhirnya kembali ke jalan yang benar. Emang bener, sih, karena jalan kaki kita jadi tahu kalau saat itu trotoar-trotoar di Bandung lagi direnovasi. Terlihat sekarang trotoar di jalanan Bandung banyak tempat duduknya dan lebih tertata rapi. Di tengah perjalanan, kaki udah mulai sakit terutama telapaknya. Punggung juga udah lumayan pegel, karena saat itu kita bawa banyak banget barang, sampai bawa baju ganti segala. Untung Ejak nggak bawa apa-apa, jadi sesekali gentian suruh dia yang bawa tas aku atau Winda.
Tugas kita cuma jalan lurus aja sampai ketemu lampu merah apa aku lupa, lalu belok kiri dan jalan lurus lagi sampai ketemu gedung TSB-nya. Selain capek, jalan lempeng aja ternyata bikin bosen juga. Mana nggak begitu banyak ikon menarik disana, jadi nggak terlalu banyak “lihat-lihat”. Begitu kita udah belok dari lampu merah yang “itu”, nggak lama setelahnya kita sadar bahwa bentar lagi kita udah mau sampai ke TSB. Karena merasa udah mau finish dan capek juga haus, kita me-reward diri kita dengan beli jus buah yang ada di depan mata seharga lima ribu. Dari situ, kita benar-benar mengakui betapa bodohnya kita. Jalan jauh-jauh setengah mati cuma biar bisa hemat duit, tapi dengan santainya beli jus buah padahal belum sampai di tempat tujuan.
Untung nggak ada yang sewot, jadi kita cuma ketawa-ketawa aja. Setelah ilang hausnya, kita lanjut jalan dan nggak lama dari situ sampailah kita ke gedung yang super besar dan luas. Wow! Kita udah sampai di TSB‼!


Karena aku insiatif dan cerdas banget anaknya, aku udah pesen tiket via online dan dapet potongan 15% kalau nggak salah. Lumayan, cuy! Kita, kan, dateng waktu musim liburan dan harganya otomatis lebih mahal dari biasanya, jadi lumayan banget bisa dapet potongan gini. Selain itu, keuntungan lain dari pesen tiket online adalah kita nggak perlu ngantre untuk masuk ke TSB-nya. Keren, kan? Oya, ternyata tiket online aku itu ambilnya bukan di penjaga tiket, tapi ada mas-mas yang emang sengaja nungguin aku dan mungkin para pemesan via online lainnya. Sejujurnya, kita tahu kalau kita bisa langsung naik ke atas alias langsung masuk ke TSB itu baru saat mas itu kasih tiketnya. Saat itu antreannya emang panjang banget, udah sampai ke luar segala. Lucky us, kita dengan songongnya jalan santai melewati mereka-mereka yang ngantre dan langsung naik ke atas. Di dalem super rame, cuy! Padahal baru tanggal 15 tapi ternyata udah banyak banget yang liburan, kebanyakan, sih, anak-anak TK atau SD gitu. Mungkin semacam “Study Tour” gitu kali, ya.
Nah, kalau kalian udah ke TSB pasti tau kalau wahana yang pertama kali kalian lihat itu pastilah roller coaster-nya (karena dari luar pun udah kelihatan). Sejak masih di luar, Ejak udah semangat banget mau ngajakin naik roller coaster-nya. Aku sama Winda nggak mau karena takut nggak kuat pas udah disana. Begitu masuk ke dalem, aku lihat ada wahana Vertigo. Sekarang gantian, aku yang semangat ngajakin mereka berdua naik Vertigo, tapi nggak ada yang mau. Ejak tetep kekeuh ngajak naik roller coaster sementara Winda malah lebih tertarik untuk naik wahana lain, lupa apa namanya. Udah, deh, nggak ada yang ketemu. Setelah ribut sana-sini, kita memutuskan untuk masuk ke Dunia Lain aja.
Sumpah, tiap-tiap wahana itu antreannya panjang banget. Bahkan, kita nggak kebagian masuk teater-teaternya saking ramenya. Belum lagi jalan di sana udah kayak di pasar malem, rame banget pokoknya. Baru di Dunia Lain aja, kita udah ngantre lama banget. Awalnya aku mengira kita termasuk orang-orang yang cool gitu. Kan, seremnya “boongan”, masa sih takut? Apalagi udah sering lihat di tv gimana suasana di dalem wahananya, masa sih takut? Begitu naik ke keretanya…
Ampun, kita norak abis!
Awal-awal masih mencoba cool, udah masuk ke tengah, kita mulai parno sendiri. Ya, parno aja gitu. Jadi, hal tercemen yang kita lakukan adalah, kita nyanyi dengan volume suara yang lebih mirip orang teriak, ngabisin satu lagu Taylor – You Belong With Me dan Michael Buble – Haven’t Met You Yet beserta lagu lain yang aku lupa. Mentang-mentang gelap, berasa lagi karaokean kali, ya. Kebetulan satu kereta itu cuma kita bertiga, kereta di belakang kita jaraknya nggak terlalu dekat dengan kami dan yang di depan udah jauh kayaknya. Jadi, ya, begitulah, kita ketakutan, nyanyi-nyanyi nggak jelas sampai akhrinya ketemu “kehidupan” dan bilang “Oh, udah? Gini aja, nih?”
Mau minta ditampol banget nggak, sih?
Setelah Dunia Lain, seperti yang udah bisa ditebak, kita cuma naik wahana-wahana cemen aja. Wahana paling “menantang” yang kita naikin adalah Jelajah, that’s It. Begitu udah mulai sore dan sepi, Ejak mancing lagi, “Win, itu Vertigo udah sepi, naik gih!”
Mana punya keberanian lagi! Beraninya, kan, cuma di awal doang. Begitu udah sore dan makin capek gini, mana kepikiran lagi mau naik-naik begituan.


Akhirnya kita pulang tanpa pernah nyobain wahana-wahana serunya TSB. Dan kalian tahu, kita beneran nggak makan sama sekali selama berada di TSB itu. Yang intinya adalah kita nggak makan siang. Maklum, makanan di TSB kan mahal-mahal. Yang harga 10-20 ribu paling cuma snack-snack doang. Entah emang ditahan atau nggak berasa, kita emang nggak begitu ngeluh laper selama disana. Begitu pulang, karena emang udah mau malem, kita akhirnya untuk cari makan begitu turun dari angkot pertama.

Saat itu udah lepas magrib deh kayaknya, kita beli nasi goreng yang jualan di pinggir trotoar gitu. Setelah selesai, kita kembali berpetualang mencari angkot yang rutenya ke arah Dipatiukur. Untungnya, nggak ada drama angkot hari itu, jadi kita bisa pulang dengan lancar jaya.

0 komentar: